Kadiskominfo Surabaya Paparkan Manajemen Komunikasi di Era Digital

By Admin

nusakini.com--Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya Antiek Sugiharti memberikan paparan pada focus group discussion (FGD) Komunikasi Pemerintah di Era Digital. FGD tersebut digelar oleh Sekretariat Kabinet Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.  

Bertempat di Hotel JW Marriott, Rabu (24/5) berbagai pemateri hadir memaparkan perkembangan komunikasi di era digital. Antara lain Johan Budi SP, Staf Khusus Presiden, Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rachmat Kriyantono, Akademisi Universitas Brawijaya, Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya, Sukardi Rinakit, Staf Khusus Presiden, M. Arief Budiman, CEO Petak Umpet. 

Antiek memaparkan Manajemen Komunikasi Pemerintah Kota Surabaya di Era Digital. Antiek menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya telah membangun Media Center, sistem pengaduan masyarakat yang terintegrasi. Masyarakat dapat menyampaikan keluhan melalui akun media sosial yang dikelola Media Center Pemerintah Kota Surabaya. Keluhan akan direspon 1x24 jam oleh Organisasi Perangkat Daerah terkait. 

Antiek menambahkan, untuk menyebarluaskan informasi terkait program-program pemerintah, Pemerintah Kota Surabaya membina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). KIM yang dibentuk ada di tingkat kelurahan, kecamatan, dan di tingkat kota. 

Masih menurut Antiek, terkait komunikasi dua arah, Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya menggelar Pertunjukan Rakyat. Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya menggelar meja pelayanan dan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat. 

Lebih lanjut Antiek menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya telah membangun 35 Broadband Learning Center (BLC) sebagai sarana pembelajaran internet gratis. Masing-masing BLC dilengkapi dengan tenaga pengajar. Ia menambahkan, masyarakat diajarkan melek literasi internet untuk menanggulangi hoax. (p/ab)